BHASKARA

Bhaskara 1Bhaskara dibentuk dengan nama Bhaskara 85. Kolektif ini tampil perdana di Taman Ismail Marzuki, 2-3 Juli 1985.

Formasi awal:  Kiboud Maulana (gitar), Udin Zach (saksofon), Bambang Nugroho dan Didi Hadju (keyboard), Karim Suweileh (drum), Perry Pattiselano (bass), Luluk Purwanto (violin, vokal), Dullah Suweileh (perkusi), dan Nunung Wardiman (vokal) .

Bhaskara 85 partisipasi di North Sea Jazz Festival 1985. Di bawah tanggung jawab Peter F.Gontha dari PT. Bhaskara Music Production, Bhaskara 85 tercatat sebagai grup Indonesia pertama yang tampil arena bergengsi itu.

Bhaskara tampil di NSJF 1986.  namun formasi mengalami sedikit perubahan. Posisi Kiboud, Perry dan Nunung digantikan oleh Joko WH, Mates, dan Vonny Sumlang. Bhaskara 86 mendapat panggung yang lebih luas dari pada tahun sebelumnya. Luluk kembali menjadi primadona pementasan mereka.Komposisi yang mereka bawakan disebutkan telah mempunyai warna kepribadian yang khas dan kelihatan unsur Indonesia-nya.

Di luar dugaan, album itu sukses dan konon terjual hingga 75,000 kaset. Sebuah angka yang sangat sulit dicapai oleh rekaman jazz musisi Indonesia. Lagu-lagu di album tersebut sangat populer, khususnya lagu-lagu seperti Betawi, Putri, One Lonely Flute.

Lagu Putri yang populer merupakan ciptaan dari Yanti R., yang sebenarnya merupakan kependekan dari Siti Hardiyanti Rukmana (Mbak Tutut). Lagu ini direkam kembali pada album Bhaskara 91 dalam versi vokal. Lagu Life Is Too Short To Worry dengan vokal dari Vonny Sumlang saat ini terdapat dalam format CD, yaitu  di dalam album kompilasi Best of Jazzy Vocals.

Sukses album pertama Bhaskara 86 di ranah industri musik Indonesia dilanjutkan dengan rilis volume keduanya di tahun 1987. Album yang berjudul Lady Bird ini  kembali diproduseri oleh Bhaskara Music Production (Bhamution), namun distribusinya menggunakan label rekaman lain yaitu Bulletin Record (tidak lagi oleh Aquarius Ind.).

Hasil penjualannya biasa saja dan tidak sesukses album pertama. Lagu Bayang-bayang dari album ini menjadi salah satu lagu dalam kompilasi Indonesian Jazzy Vocals Too. Uniknya, justru lagu “Bayang Bayang” adalah lagu yang tidak disertakan di rilis ulang album tersebut di tahun 1988. Rilis ulang album Lady Bird meniadakan “Bayang Bayang” dan “Kaki Lima”,  dan menyertakan satu track baru karya Mates, “Ease My Pain”. Di seri kedua ini juga Peter F.Gontha menyumbangkan sebuah karyanya, “Sunday 14th”, untuk dimainkan oleh Bhaskara.

~ by n3ki on June 29, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: